P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

22 Oct 2014

You are here: Berita P4TKSB Kunjungan Industri SMKN 5 Yogyakarta, Untuk Membekali Jiwa Wirausaha

Kunjungan Industri SMKN 5 Yogyakarta, Untuk Membekali Jiwa Wirausaha

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 

Sleman :  Para siwa kelas 10 program studi Kriya Keramik SMKN 5 Yogykarta, Kamis 16 Februari 2012 melakukan kunjungan ke P4TKSB Sleman Yogyakarta.  Mereka ingin mengetahui  bagaimana mengelola unit produksi  keramik, mulai dari  desain, proses produksi  hingga hasil akhir sehingga dengan bertambahnya apresisi dan wawasan diharapkan dapat menjadi bekal dasar  sebelum  mereka melangkah.

Drs. Iskandar, pimpinan rombongan mengatakan,  selama ini proses pembuatan keramik di sekolah belum sampai  pada hasil akhir,  dari seluruh siswa hanya 75 persen yang mencapai hasil akhir. Oleh karena itu  di P4TKSB diharapkan anak-anak  akan mengetahui  berbagai teknik pembuatan keramik mulai  dari teknik  pijit, piling,slep, putar hingga finishing.


“ Karena di sekolah kami  yang namanya proses  dalam membuat suatu karya itu belum tentu sampai  jadi ,  tapi kalau di industri itu sampai memikirkan untung dan ruginya”.  Tuturnya, saat mendapingi para siswa di Studio Keramik.


Dengan kegiatan kunjungan  tersebut, menurutnya akan memperlancar kegiatan belajar mengajar di sekolah,  terutama dalam hal kemandirian siswa karena  sebagai  Sekolah Kejuruan  orientasinya tidak harus bekerja  namun bisa  menciptakan pekerjaan sendiri.


Dikatakannya, selain ke  P4TKSB,  para siswa juga akan bekunjung  ke  kawasan industri keramik Kasongan.  Di sana  mereka akan diajak mengamati  dunia industri yang seungguhnya, bukan hanya mengamati  proses pembuatan keramik,  lebih dari itu mereka akan belajar bagaimana mengkalkulasi  harga  bahan pokok, biaya proses hingga  menetapkan harga jual ke pasaran. Dengan demikian mereka benar-benar  mengerti  bagaimana  jiwa wirausaha itu sendiri. (mrt)