P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

20 Sep 2014

You are here: Home

P4TKSB (P4TK Seni dan Budaya)

Pengelola Laboratorium pun Perlu Paham Kurikulum 2013

Surel Cetak PDF

 Oleh: Isnain Evilina D.

Pengelola Laboratorium pun Perlu Paham Kurikulum 2013Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mulai menerapkan kurikulum 2013 untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. Orientasi penerapan kurikulum 2013 adalah tercapainya kompetensi yang berimbang antara sikap (attitude), keterampilan (skill), dan pengetahuan (knowledge) yang diiringi cara pembelajaran yang holistik dan menyenangkan. P4TKSB sebagai sebagai unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berfungsi sebagai lembaga pengembang dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban pula mensukseskan implementasi kurikulum 2013. Berkenaan dengan hal itu, kurikulum 2013 perlu disosialisasikan secara terus menerus dalam setiap kegiatan peningkatan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan di lingkup P4TKSB.

Selengkapnya...

Mengenal Desain Furniture Zaman Rococo(Abad Ke 18, Tahun 1715-1770)

Surel Cetak PDF

Oleh: M. Lazim

Furniture Zaman RococoDesain Rococo, yang berasal dari Perancis pada abad ke 18, yang ditandai dengan dengan sifat organik pahatannya, gerakan yang menyerupai ular pada komposisinya. Motif yang digunakan menggunakan bahan dasar tempurung dan batu. Sebagai tambahan, ada kesan motif gelombang atau api yang biasanya menciptakan perasaan gerakan berkedip dan asimetris. Khususnya suatu gaya yang terhubung dengan dekorasi interior dan bukannya yang terkait dengan teopri arsitektural. Pola Rococo terbuka pada tingkat interpretasi pribadi yang tinggi pada bagian desainer dan cerdik pandai.

Selengkapnya...

Peningkatan Kualitas Mutu Pembelajaran Melalui Pengembangan Rencana Pembelajaran

Surel Cetak PDF

Oleh: Irene Nusanti

nickSebelum membicarakan apa pun terkait dengan perubahan, terlebih dahulu setiap orang harus sadar bahwa tidak ada sesuatu pun yang dapat diubah sebelum yang bersangkutan mengubah pikiran terlebih dahulu, terutama pikiran yang salah. Hal ini sejalan dengan apa yang dikatakan oleh Meyer (1995: 179) yang mengatakan:It’s impossible to get from wrong behavior to right behavior without first changing your thought’. Dengan kata lain, bagaimana pun usaha kerasnya untuk mengubah sesuatu, tetapi kalau yang diubah hanya yang kelihatan, maka hasilnya hanya akan bersifat sementara. Oleh sebab  itu, penting sekali untuk mengubah cara berpikir terlebih dahulu, karena dari sana akan terpancar perbuatan dan perkataan yang senada dengan apa yang ada di pikirannya. Yang menjadi permasalahan adalah bahwa keterampilan berpikir merupakan keterampilan yang sulit, sehingga hanya sedikit orang yang mampu melakukannya (Maxwell, 2009: xi).Untuk itu, keterampilan berpikir perlu diajarkan dan dipraktekkan secara terus menerus melalui berbagai mata pelajaran yang diterima peserta didik.

Selengkapnya...

Sharable Content Object Reference Model (SCORM) sebagai Salah Satu Standar Materi E-learning

Surel Cetak PDF

Oleh: Ceravina Susanti

scormElearning merupakan pembelajaran atau pelatihan yang disiapkan, disajikan, atau diatur menggunakan berbagai teknologi pembelajaran dan dapat dijalankan secara lokal maupun global. Dengan elearning semakin mempermudah dalam penerapan distance learning. Selanjutnya dengan berkembangnya elearning maka berkembang pula Learning Management System (LMS) yang beragam yang mengakibatkan suatu materi dapat menjadi tidak kompatibel pada LMS lain. Hal ini dapat disebabkan adanya perintah maupun standar yang berbeda pada LMS-LMS tersebut. Untuk menghindari hal tersebut maka digunakan teknologi elearning dengan materi yang mengacu suatu standar yang disusun oleh Department of Defense (DoD) dan dikembangkan oleh Advanced Distributed Learning (ADL) initiativ. Standar tersebut dikembangkan dengan mengintegrasikan pengembangan teknologi dari berbagai organisasi seperti IMS, Aviation Industry CBT Committee (AICC), Alliance of Remote Instructional Authoring & Distribution Networks for Europe (ARIADNE), Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) Learning Technology Standards Committee (LTSC) menjadi sebuah model referensi yang dikenal dengan nama Sharable Content Object Reference Model (SCORM). SCORM menggunakan pendekatan object oriented yang memandang bahwa setiap content object merupakan sekumpulan object yang dapat disatukan untuk membentuk suatu sistem yang lebih besar. Dalam membangun materi (bahan ajar) diperlukan perangkat lunak pembangun bahan ajar (Authoring Tools) yang mendukung SCORM.

Selengkapnya...

Batik Indonesia "Warisan yang Hidup"

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

Pameran Batik Indonesia "Warisan yang Hidup" memberi penghormatan kepada salah satu bentuk seni paling mempesona yang ditemukan di Indonesia. Acara ini akan menyoroti pertukaran antar budaya Jerman dan Indonesia melalui seni dan akan ditampilkan di Galeri Nasional di Jakarta 25 Januari sampai 6 Februari 2012 dan juga di Pendapi Gede, Komplek Balaikota, Surakarta 13-19 Februari 2012.

Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL