P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

31 Jul 2014

You are here: Home

P4TKSB (P4TK Seni dan Budaya)

Pengelola Laboratorium pun Perlu Paham Kurikulum 2013

Surel Cetak PDF

 Oleh: Isnain Evilina D.

Pengelola Laboratorium pun Perlu Paham Kurikulum 2013Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mulai menerapkan kurikulum 2013 untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. Orientasi penerapan kurikulum 2013 adalah tercapainya kompetensi yang berimbang antara sikap (attitude), keterampilan (skill), dan pengetahuan (knowledge) yang diiringi cara pembelajaran yang holistik dan menyenangkan. P4TKSB sebagai sebagai unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berfungsi sebagai lembaga pengembang dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban pula mensukseskan implementasi kurikulum 2013. Berkenaan dengan hal itu, kurikulum 2013 perlu disosialisasikan secara terus menerus dalam setiap kegiatan peningkatan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan di lingkup P4TKSB.

Selengkapnya...

Terapi Musik Dengan Lirik Lagu Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Autis)

Surel Cetak PDF

Oleh: Diah Uswatun Nurhayati

Terapi musik_untuk_anak_autis-300x279Setiap anak berhak menikmati masa indah dengan perasaan nyaman dan aman. Kasih sayang dan perhatian dari orang tua, saudara, teman sebaya, maupun lingkungan sekitar sangat diperlukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan jiwanya. Begitu juga hendaknya pada anak-anak autis. Seperti diketahui, pada umumnya anak penyandang autis memiliki keterbatasan kemampuan dalam hal komunikasi, pola perilaku, dan interaksi sosial, karena itu perlu penaganan khusus pada tahap perkembangannya, agar mereka dapat menjalani kehidupan layaknya anak-anak yang lain. Penyebab autis sampai sekarang belum diketahui secara pasti. Namun demikian, beberapa penelitian di Jepang, Australia, dan sejumlah negara maju lainnya, menyatakan bahwa faktor genetik memiliki keterkaitan. Menurut Dr. Lucy Pou K.H., director professional services Indonesia Centre for Autism Resource and Expertise (Indo Care), anak autis membutuhkan perhatian sejak dari awal, tidak hanya dari orang tua dan keluarga, melainkan juga lingkungan sekitarnya. Penanganannyapun dilakukan dengan segera seperti keterampilan dasar, pendampingan, pendidikan khusus dansebagainya.

Selengkapnya...

Pembentukan Keramik Dengan Teknik Cetak (Model Bebas)

Surel Cetak PDF

Oleh: Wahyu Gatot Budiyanto

keramik tekhnik cetakProduk-produk benda keramik di Indonesia banyak dibuat oleh perajin keramik, studio keramik, dan juga pabrik keramik. Berbagai macam produk benda keramik yang dihasilkan adalah: peralatan makan-minum, keperluan bangunan, produk interior, perlengkapan saniter, alat teknik dan elektronik. Produk-produk tersebut banyak dibuat dengan pembentukan teknik cetak, baik cetak tekan, cetak tuang, maupun teknik cetak jigger-jolley. Saat ini, di perajin keramik maupun di studio-studio keramik pembentukan benda keramik dengan teknik cetak juga semakin berkembang dengan berbagai bentuk-bentuk yang unik untuk menarik konsumen.

Selengkapnya...

Mengenal Desain Furniture Zaman Rococo(Abad Ke 18, Tahun 1715-1770)

Surel Cetak PDF

Oleh: M. Lazim

Furniture Zaman RococoDesain Rococo, yang berasal dari Perancis pada abad ke 18, yang ditandai dengan dengan sifat organik pahatannya, gerakan yang menyerupai ular pada komposisinya. Motif yang digunakan menggunakan bahan dasar tempurung dan batu. Sebagai tambahan, ada kesan motif gelombang atau api yang biasanya menciptakan perasaan gerakan berkedip dan asimetris. Khususnya suatu gaya yang terhubung dengan dekorasi interior dan bukannya yang terkait dengan teopri arsitektural. Pola Rococo terbuka pada tingkat interpretasi pribadi yang tinggi pada bagian desainer dan cerdik pandai.

Selengkapnya...

Batik Indonesia "Warisan yang Hidup"

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

Pameran Batik Indonesia "Warisan yang Hidup" memberi penghormatan kepada salah satu bentuk seni paling mempesona yang ditemukan di Indonesia. Acara ini akan menyoroti pertukaran antar budaya Jerman dan Indonesia melalui seni dan akan ditampilkan di Galeri Nasional di Jakarta 25 Januari sampai 6 Februari 2012 dan juga di Pendapi Gede, Komplek Balaikota, Surakarta 13-19 Februari 2012.

Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL