P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

10 Jul 2014

You are here: Home

P4TKSB (P4TK Seni dan Budaya)

Pengelola Laboratorium pun Perlu Paham Kurikulum 2013

Surel Cetak PDF

 Oleh: Isnain Evilina D.

Pengelola Laboratorium pun Perlu Paham Kurikulum 2013Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mulai menerapkan kurikulum 2013 untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. Orientasi penerapan kurikulum 2013 adalah tercapainya kompetensi yang berimbang antara sikap (attitude), keterampilan (skill), dan pengetahuan (knowledge) yang diiringi cara pembelajaran yang holistik dan menyenangkan. P4TKSB sebagai sebagai unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berfungsi sebagai lembaga pengembang dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban pula mensukseskan implementasi kurikulum 2013. Berkenaan dengan hal itu, kurikulum 2013 perlu disosialisasikan secara terus menerus dalam setiap kegiatan peningkatan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan di lingkup P4TKSB.

Selengkapnya...

Seri Mental model (2) Mental model untuk Pemimpin

Surel Cetak PDF

 Oleh: Irene Nusanti

leadershipSeri mental model kali ini diperuntukkan untuk melengkapi materi diklat bagi kepala sekolah. Oleh karena itu, materi tidak ditulis dalam bahasa Inggris, sebagaimana dalam artikel seri mental model sebelumnya, yang diperuntukkan bagi diklat guru-guru bahasa Inggris. Artikel kali ini membahas tentang mental model bagi seorang pemimpin. Seperti dikatakan oleh Tee (2005) bahwa mental model kelihatannya lembut tetapi sebenarnya sangat kuat dalam mempengaruhi tindakan seseorang. Yang pasti, mental model seorang pemimpin memberikan pengaruh pada bawahannya. Dalam hal ini, pengaruh yang diharapkan dapat diberikan kepada bawahannya tentu saja adalah pengaruh positif.

Selengkapnya...

Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek di SMK

Surel Cetak PDF

Oleh: Sri Karyono

pembelajaran2Pada saat tulisan ini ditulis terjadi hiruk pikuk terhadap kurikulum 2013, hampir setiap orang mempertanyakan betulkah kurikulum 2013 mampu menciptakan generasi emas pada tahun 2045 nanti. Kita semua berharap dengan kondisi kualitas sumber daya yang saat ini tertinggal jauh dengan bangsa lain, semoga tidak harus menunggu sampai tahun 2045 dapat segera mengejar ketertinggalannya. Guru adalah orang yang paling strategis dan paling dekat dengan program ini, oleh karena itu guru diharapkan dapat memerankan peran dan fungsi sebagai pendidik dan pengajar yang mampu mendorong terjadinya perubahan tersebut sesuai harapan seperti yang terkonsep pada kurikulum 2013 tersebut. Pada bagian V, poin A (Lampiran IV Permendikbud No 81a) Pandangan Tentang Pembelajaran, secara prinsip kegiatan pembelajaran merupakan proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dirinya untuk hidup dan untuk bermasyarakat, berbangsa, serta berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran diarahkan untuk memberdayakan semua potensi peserta didik menjadi kompetensi yang diharapkan.

Selengkapnya...

Desain Produk Dalam Pembuatan Keramik

Surel Cetak PDF

Oleh: Sugihartono

desain keramikDalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan barang atau benda yang akan di buat, selalu berkaitan dengan desain. Desain didalam berbagai disipilin ilmu sangat luas maknanya, tetapi di dalam konteks ini akan dibahas desain yang terkait dengan ruang lingkup pada pembuatan keramik. Dalam kenyataan di masyarakat, lingkugan ataupun di industri berbagai (desain) barang keramik telah di buat dan bahkan telah ada. Lalu bagaimana dengan desain produk keramik yang dimaksud ini disini?

Selengkapnya...

Batik Indonesia "Warisan yang Hidup"

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

Pameran Batik Indonesia "Warisan yang Hidup" memberi penghormatan kepada salah satu bentuk seni paling mempesona yang ditemukan di Indonesia. Acara ini akan menyoroti pertukaran antar budaya Jerman dan Indonesia melalui seni dan akan ditampilkan di Galeri Nasional di Jakarta 25 Januari sampai 6 Februari 2012 dan juga di Pendapi Gede, Komplek Balaikota, Surakarta 13-19 Februari 2012.

Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL