P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

Berita:
You are here: Home

P4TKSB (P4TK Seni dan Budaya)

Pengaruh Media Massa Dalam Perkembangan Anak

Surel Cetak PDF

Oleh: Marsudi

media massaDalam Amandemen UUD 1945 pasal 28 B ayat 2 dinyatakan bahwa ”Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dandiskriminasi. Pendidikan merupakan suatu upaya untuk memanusiakan manusia. Artinya melalui proses pendidikan diharapkan terlahir manusia-manusia yang baik. Standar manusia yang “baik” berbeda antar masyarakat, bangsa atau negara, karena perbedaan pandangan filsafah yang menjadi keyakinannya.

Tugas dan fungsi pers adalah mewujudkam keinginan kebutuhan informasi melalui medianya baik melalui media cetak maupun media elektronik seperti, radio, televisi, internet. Fungsi informatif yaitu memberikan informasi, atau berita, kepada khalayak ramai dengan cara yang teratur. Tujuan utama: untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa. Tujuan penyerta: untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.

Kurangnya anak usia dini yang mendapatkan layanan pendidikan disebabkan beberapa faktor diantaranya: (1) kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan pada anak usia dini; (2) masih terbatas dan tidak meratanya lembaga layanan PAUD yang ada di masyarakat terutama di pedesaan. Sebagai contoh pertumbuhan TK, KB/RA, dan TPA di perkotaan lebih pesat dibandingkan di pedesaan; (3) rendahnya dukungan pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.

Selengkapnya...

Lomba Kreatifitas Anak: Pancing Imajinasi Mengolah Bahan

Surel Cetak PDF

kreatifitas anakAnak-anak Sekolah Dasar (SD) kelas 4, 5 dan 6 ditantang kreatifitasnya untuk menciptakan karya seni. Para siswa tersebut, dibekali bahan berupa kertas, benang, botol plastik, lem, cat (warna merah, kuning, biru), kemudian diminta untuk mengolah bahan tersebut menjadi karya kerajinan tangan.

Setidaknya ada 58 siswa di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang ikut mengambil tantang tersebut dalam lomba Kreativitas Anak, pada rangkaian acara Festival Seni Internasional (FSI) 2014 di P4TK Seni dan Budaya, Sleman, Yogyakarta, Rabu (4/11).

Sigit Purnomo, Koordinator lomba mengatakan, anak-anak sekolah dasar ini diminta untuk mengolah bahan yang disiapkan panitia  dan tidak boleh ditambah. “Ini tantanganya. Bagaimana anak-anak ini memanfaatkan semaksimal mungkin bahan yang kita beri untuk diolah menjadi karya. Apa yang bisa mereka ciptakan dengan bahan yang kita siapkan,” katanya.

Contoh saja lanjut Sigit, untuk cat panitia hanya menyediakan tiga warna pokok, merah, kuning dan biru. “Kalau mereka (siswa) ingin warnah hijau, coklat atau orange silahkan dibuat sediri. Atau menginginkan kreasi warna lain, silahkan diaduk (warnanya) sendiri,” paparnya.

Kategori penilaian dalam lomba ini meliputi kreatifitas siswa, keunikan karya dan, bisa memanfaatkan semaksimal mungkin bahan yang diberikan.

Pantauan di lokasi lomba, beragam karya kerajinan tangan diciptakan para siswa. Mulai dari fas bunga, kapal kertas, maket, robot sampai pada boneka kertas. (*)

 

Duo Gitar

Surel Cetak PDF

duo gitar“Duo Gitar”, Zoltan Paldi dan Rendra Pangestu unjuk kebolehan gaya penjarian gitar untuk membawakan perpaduan music jazz, blues, folk di Festival Seni Internasional (FSI) 2014. Gitaris asal Hongaria dan Indonesia itu berkolaborasi memaikan lagu-lagu klasik dari Amerika, Afrika, Hongaria dan Indonesia sendiri.

Selengkapnya...

Finishing

Surel Cetak PDF

Oleh: Eru Wibowo

finishing kayuFinishing merupakan lapisan paling akhir pada permukaan kayu. Proses ini bertujuan untuk (1)memberikan nilai estetika yang lebih baik pada perabot kayu dan juga berfungsi untuk menutupi beberapa kelemahan kayu dalam hal warna, tekstur atau kualitas ketahanan permukaan pada material tertentu. Tujuan kedua adalah (2) untuk melindungi kayu dari kondisi luar (cuaca, suhu udara dll) ataupun benturan dengan barang lain. Dengan kata lain untuk menambah daya tahan dan keawetan produk kayu.Material yang digunakan untuk finishing bisa bermacam-macam. Cara aplikasinya pun berbeda-beda.

Dilihat dari jenis material, pada dasarnya ada 2 macam jenis finishing,yaitu:

1.Finishing bahan padat, material ini 100% menutupi permukaan kayu dan menyembunyikan tampak aslinya. Fisik bahan ini berupa lembaran atau rol.Paling baik dengan aplikasi secara masinal 100% dan populer untuk pemakaian furniture indoor dengan bahan dasar plywood, MDF, hardboard, softboard dan jenis lembaran lainnya.

2. Finishing bahan cairan, sangat banyak jenis dan variasi aplikasinya. Paling populer digunakan pada hampir seluruh jenis furniture kayu.Bersifat lebih fleksibel daripada finishing dari jenis bahan yang padat.Sangat baik untuk finishing permukaan bidang lebar ataupun yang melengkung. Pada teknologi terbaru sekarang ini, jenis finishing akhir cairan bisa memiliki kualitas yang sama kuatnya pada permukaan yang lebar.

Hasil Finishing ditentukan oleh bahan, teknik aplikasi dari masing masing jenis finishing, sehingga akan menghasilkan kualitas finishing yang indah, kuat, awet sesuai dengan karakter masing-masing bahannya.

Selengkapnya...

Daftar Nama Juara Lomba Foto FSI 2014

Surel Cetak PDF

Mulya Yudha (Juara I) , Judul karya “Durga Uma “Dewi”
Hardy Wiratama (Juara II), Judul karya “Persiapan Pentas”
Hamid Mukhlis (Juara III), Judul karya “Jathilan”
Fehmiv Raffytavare (Juara Harapan), Judul karya “The Red”
Afrizal (Juara Harapan), Judul karya “Buka Panggung”
Dora Afriyani (Juara Harapan), Judul karya “Semangat”
Ajar Dwi Jayanto (Juara Harapan), Judul karya “Asylum”
Ditya Fajar Rizkizha (Juara Harapan), Judul karya “Balinese Dance”

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL