P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

Berita:
You are here: Home

P4TKSB (P4TK Seni dan Budaya)

Lomba Kreatifitas Anak: Pancing Imajinasi Mengolah Bahan

Surel Cetak PDF

kreatifitas anakAnak-anak Sekolah Dasar (SD) kelas 4, 5 dan 6 ditantang kreatifitasnya untuk menciptakan karya seni. Para siswa tersebut, dibekali bahan berupa kertas, benang, botol plastik, lem, cat (warna merah, kuning, biru), kemudian diminta untuk mengolah bahan tersebut menjadi karya kerajinan tangan.

Setidaknya ada 58 siswa di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang ikut mengambil tantang tersebut dalam lomba Kreativitas Anak, pada rangkaian acara Festival Seni Internasional (FSI) 2014 di P4TK Seni dan Budaya, Sleman, Yogyakarta, Rabu (4/11).

Sigit Purnomo, Koordinator lomba mengatakan, anak-anak sekolah dasar ini diminta untuk mengolah bahan yang disiapkan panitia  dan tidak boleh ditambah. “Ini tantanganya. Bagaimana anak-anak ini memanfaatkan semaksimal mungkin bahan yang kita beri untuk diolah menjadi karya. Apa yang bisa mereka ciptakan dengan bahan yang kita siapkan,” katanya.

Contoh saja lanjut Sigit, untuk cat panitia hanya menyediakan tiga warna pokok, merah, kuning dan biru. “Kalau mereka (siswa) ingin warnah hijau, coklat atau orange silahkan dibuat sediri. Atau menginginkan kreasi warna lain, silahkan diaduk (warnanya) sendiri,” paparnya.

Kategori penilaian dalam lomba ini meliputi kreatifitas siswa, keunikan karya dan, bisa memanfaatkan semaksimal mungkin bahan yang diberikan.

Pantauan di lokasi lomba, beragam karya kerajinan tangan diciptakan para siswa. Mulai dari fas bunga, kapal kertas, maket, robot sampai pada boneka kertas. (*)

 

Duo Gitar

Surel Cetak PDF

duo gitar“Duo Gitar”, Zoltan Paldi dan Rendra Pangestu unjuk kebolehan gaya penjarian gitar untuk membawakan perpaduan music jazz, blues, folk di Festival Seni Internasional (FSI) 2014. Gitaris asal Hongaria dan Indonesia itu berkolaborasi memaikan lagu-lagu klasik dari Amerika, Afrika, Hongaria dan Indonesia sendiri.

Selengkapnya...

Daftar Nama Juara Lomba Foto FSI 2014

Surel Cetak PDF

Mulya Yudha (Juara I) , Judul karya “Durga Uma “Dewi”
Hardy Wiratama (Juara II), Judul karya “Persiapan Pentas”
Hamid Mukhlis (Juara III), Judul karya “Jathilan”
Fehmiv Raffytavare (Juara Harapan), Judul karya “The Red”
Afrizal (Juara Harapan), Judul karya “Buka Panggung”
Dora Afriyani (Juara Harapan), Judul karya “Semangat”
Ajar Dwi Jayanto (Juara Harapan), Judul karya “Asylum”
Ditya Fajar Rizkizha (Juara Harapan), Judul karya “Balinese Dance”

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Diklat Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Cara Berfikir Audience

Surel Cetak PDF

Oleh: Agung Handoko

thingkingInovator dna merupakan salah satu acuan dari kurikulum 2013. Orang-orang terkenal mempunyai kemampuan associating, questioning, observing, experimenting, and networking lebih tinggi dibanding orang-orang yang bukan innovator.

Pelaksanaan sosialisasi/pelatihan/worshop kurikulum 2013 di pusat tidak menemui hambatan di fasilitas pelaksanaan. Akan tetapi pelaksanaan sosialisasi/pelatihan/worshop kurikulum 2013 di daerah mengalami kendala mengingat tempat yang digunakan adalah ruang kelas pembelajaran siswa.  Kendala fasilitas ini sulit diatasi, karena keterbatas dana.

Pembelajaran orang dewasa mempunyai kendala tersendiri, dari keterbatasan panca indera yang mulai menurun kemampuanya. Meningkatkan kualitas pembelajaran dapat dilakukan melalui pendekatan yang tepat dengan memperhatikan cara berfikir audience.

Selengkapnya...

Presean Sebagai Permainan Pemanggilan Hujan pada Suku Sasak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat

Surel Cetak PDF

Oleh: Heru Subagiyo

presean jpegPresean berasal dari kata perisai atau gerakan permainan yang menggunakan perisai (penangkis atau pelindung) untuk menangkis pukulan lawan. Dalam permainan presean intinya adalah bagaimana memukul lawan hingga bocor atau terluka. Bocor disini dalam artian ada darah yang keluar atau mengucur, hal ini dikaitkan dengan kepercayaan akan air hujan atau turun hujan. Dahulu permainan ini dimaksudkan untuk meminta hujan, oleh karena itu biasanya diselenggarakan pada waktu musim kemarau. Permainan ini akan semakin ramai kalau terjadi kemarau panjang. Permainan presean sebagai sarana meminta hujan, biasanya diselenggarakan di sawah yang sudah tidak ada tanamannya. Sedapat mungkin permainan ini dimainkan pada petak sawah sebagai jalan masuk air dari sungai atau selokan yang disebut dengan penamaq aik.

Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL