P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

31 Aug 2014

You are here: Home

P4TKSB (P4TK Seni dan Budaya)

Pengelola Laboratorium pun Perlu Paham Kurikulum 2013

Surel Cetak PDF

 Oleh: Isnain Evilina D.

Pengelola Laboratorium pun Perlu Paham Kurikulum 2013Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mulai menerapkan kurikulum 2013 untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. Orientasi penerapan kurikulum 2013 adalah tercapainya kompetensi yang berimbang antara sikap (attitude), keterampilan (skill), dan pengetahuan (knowledge) yang diiringi cara pembelajaran yang holistik dan menyenangkan. P4TKSB sebagai sebagai unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berfungsi sebagai lembaga pengembang dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban pula mensukseskan implementasi kurikulum 2013. Berkenaan dengan hal itu, kurikulum 2013 perlu disosialisasikan secara terus menerus dalam setiap kegiatan peningkatan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan di lingkup P4TKSB.

Selengkapnya...

Mengenal Desain Furniture Zaman Rococo(Abad Ke 18, Tahun 1715-1770)

Surel Cetak PDF

Oleh: M. Lazim

Furniture Zaman RococoDesain Rococo, yang berasal dari Perancis pada abad ke 18, yang ditandai dengan dengan sifat organik pahatannya, gerakan yang menyerupai ular pada komposisinya. Motif yang digunakan menggunakan bahan dasar tempurung dan batu. Sebagai tambahan, ada kesan motif gelombang atau api yang biasanya menciptakan perasaan gerakan berkedip dan asimetris. Khususnya suatu gaya yang terhubung dengan dekorasi interior dan bukannya yang terkait dengan teopri arsitektural. Pola Rococo terbuka pada tingkat interpretasi pribadi yang tinggi pada bagian desainer dan cerdik pandai.

Selengkapnya...

Pendidikan Abad 21 dan Implementasinya pada Pembelajaran di SMK untuk Paket Keahlian Desain Interior

Surel Cetak PDF

Oleh: Kuntari Eri Murti

21stclassTiga konsep pendidikan abad 21 telah diadaptasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk mengembangkan kurikulum baru untuk Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Ketiga konsep tersebut adalah 21st Century Skills (Trilling dan Fadel, 2009), scientific approach (Dyer, et al., 2009) dan authentic assesment (Wiggins dan McTighe, 2011); Ormiston, 2011; Aitken dan Pungur, 1996; Costa dan Kallick, 1992).

Selengkapnya...

Aplikasi Metode Pasar Uji Virtual (Virtual Test Market) pada Studi Perilaku Konsumen di Internet

Surel Cetak PDF

Oleh: Kuntari Eri Murti

market researchVirtual test market (VTM) merupakan salah satu metode penelitian eksperimen yang digunakan untuk mensimulasi pasar uji untuk suatu produk melalui media virtual. VTM menggunakan simulasi komputer untuk merealisasikan situasi pembelian (Cooper dan Schindler, 2006). Procter and Gamble telah mematenkan sistem dan metode VTM terstandard untuk menguji produk baru P & G1 meliputi virtual launch component, transaction engine component dan marketing simulation component (WIPO, 2003). Oleh karena itu, studi ini tidak menggunakan metode dan sistem VTM yang dipatenkan oleh P & G, tetapi mengadaptasi VTM yang dipublikasikan oleh Cooper and Schindler (2006) dan dijalankan melalui pendekatan eksperimen laboratorium, dengan menggunakan jenis produk yang sudah dipasarkan oleh www.blackwell.com. Studi eksperimen laboratorium ini spesifik menguji perilaku konsumen dalam memlih produk di internet.

Selengkapnya...

Batik Indonesia "Warisan yang Hidup"

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

Pameran Batik Indonesia "Warisan yang Hidup" memberi penghormatan kepada salah satu bentuk seni paling mempesona yang ditemukan di Indonesia. Acara ini akan menyoroti pertukaran antar budaya Jerman dan Indonesia melalui seni dan akan ditampilkan di Galeri Nasional di Jakarta 25 Januari sampai 6 Februari 2012 dan juga di Pendapi Gede, Komplek Balaikota, Surakarta 13-19 Februari 2012.

Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL