P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

Berita:
You are here: Home

P4TKSB (P4TK Seni dan Budaya)

Teknik Dasar Membuat Anyaman

Surel Cetak PDF

Oleh: Wiwik Pudiastuti

teknik anyamKerajinan anyam merupakan satu usaha  atau kegiatan ketrampilan masyarakat dalam pembuatan barang-barang dengan cara susup menyusup antara lungsi dan pakan. Kegiatan itu sampai sekarang merupakan penerus peninggalan nenek moyang kita. Bahan yang dapat dibuat untuk anyaman antara lain rotan, pandan, mendong, bambu, lontar, gebang, agel dan masih bayak lagi bahan-bahan dari alam yang dapat di buat anyaman.

Selengkapnya...

Lomba Kreatifitas Anak: Pancing Imajinasi Mengolah Bahan

Surel Cetak PDF

kreatifitas anakAnak-anak Sekolah Dasar (SD) kelas 4, 5 dan 6 ditantang kreatifitasnya untuk menciptakan karya seni. Para siswa tersebut, dibekali bahan berupa kertas, benang, botol plastik, lem, cat (warna merah, kuning, biru), kemudian diminta untuk mengolah bahan tersebut menjadi karya kerajinan tangan.

Setidaknya ada 58 siswa di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang ikut mengambil tantang tersebut dalam lomba Kreativitas Anak, pada rangkaian acara Festival Seni Internasional (FSI) 2014 di P4TK Seni dan Budaya, Sleman, Yogyakarta, Rabu (4/11).

Sigit Purnomo, Koordinator lomba mengatakan, anak-anak sekolah dasar ini diminta untuk mengolah bahan yang disiapkan panitia  dan tidak boleh ditambah. “Ini tantanganya. Bagaimana anak-anak ini memanfaatkan semaksimal mungkin bahan yang kita beri untuk diolah menjadi karya. Apa yang bisa mereka ciptakan dengan bahan yang kita siapkan,” katanya.

Contoh saja lanjut Sigit, untuk cat panitia hanya menyediakan tiga warna pokok, merah, kuning dan biru. “Kalau mereka (siswa) ingin warnah hijau, coklat atau orange silahkan dibuat sediri. Atau menginginkan kreasi warna lain, silahkan diaduk (warnanya) sendiri,” paparnya.

Kategori penilaian dalam lomba ini meliputi kreatifitas siswa, keunikan karya dan, bisa memanfaatkan semaksimal mungkin bahan yang diberikan.

Pantauan di lokasi lomba, beragam karya kerajinan tangan diciptakan para siswa. Mulai dari fas bunga, kapal kertas, maket, robot sampai pada boneka kertas. (*)

 

Duo Gitar

Surel Cetak PDF

duo gitar“Duo Gitar”, Zoltan Paldi dan Rendra Pangestu unjuk kebolehan gaya penjarian gitar untuk membawakan perpaduan music jazz, blues, folk di Festival Seni Internasional (FSI) 2014. Gitaris asal Hongaria dan Indonesia itu berkolaborasi memaikan lagu-lagu klasik dari Amerika, Afrika, Hongaria dan Indonesia sendiri.

Selengkapnya...

Daftar Nama Juara Lomba Foto FSI 2014

Surel Cetak PDF

Mulya Yudha (Juara I) , Judul karya “Durga Uma “Dewi”
Hardy Wiratama (Juara II), Judul karya “Persiapan Pentas”
Hamid Mukhlis (Juara III), Judul karya “Jathilan”
Fehmiv Raffytavare (Juara Harapan), Judul karya “The Red”
Afrizal (Juara Harapan), Judul karya “Buka Panggung”
Dora Afriyani (Juara Harapan), Judul karya “Semangat”
Ajar Dwi Jayanto (Juara Harapan), Judul karya “Asylum”
Ditya Fajar Rizkizha (Juara Harapan), Judul karya “Balinese Dance”

Alternatif Penggati Bleng Dalam Pembuatan Makanan Dengan Menggunakan Rumput Laut

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

Oleh: Dwi Sayekti

rumput lautKesehatan merupakan dambaan bagi  semua orang  berbagai upaya dilakukan  untuk menjaga kesehatan  salah satunya dengan mengomsumsi makanan yang sehat  tetapi  sekarang banyak makanan yang kurang sehat lagi. Kebayakan Makanan sekarang tercampur dengan  bahan kimia. Dan pada Ahkhir  akhir ini  banyak diberitakan  bahwa bayak  beredar makanan yang bengandung bahan  bahan yang berbahaya bagi kesehatan  manusia  dengan penggunaan bahan-bahan makanan yang mengandung bahan kimia. yang tidak seharusnya digunakan untuk makanan  misalnya Boraks/ Bleng  sudah  dilarang pemerintah apabila di masukan dalam bahan makanan. Tetapi  sejak dulu boraks/ bleng  sudah dipergunakan dalam  pembuatan makanan. Didalam memilih makanan  sekarang Kita harus teliti dan jeli mana  makanan yang sehat dan baik untuk kesehatan kita  untuk dapat mengetahui bagaimana  makanan itu mengandung boraks apa tidak  bisa dengan cara yang sederhana,seperti kita bisa mengidentifikasinya melalui fisik atau dari luar pada makanan tersebut.tetapi apabila Apabila menemui kesulitan dapat melakukan pengecekan di laboratorium Jika bahan boraks digunakan terus menerus yang di campurkan dalam makanan dapat mengakibatkan kanker bahkan kematian. Dengan maraknya penggunaan boraks/ bleng pada  makanan  yang sudah merajalela di sekitar kehidupan kita.

Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL