P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

27 Mar 2015

Berita:
You are here: Home

P4TKSB (P4TK Seni dan Budaya)

Lomba Kreatifitas Anak: Pancing Imajinasi Mengolah Bahan

Surel Cetak PDF

kreatifitas anakAnak-anak Sekolah Dasar (SD) kelas 4, 5 dan 6 ditantang kreatifitasnya untuk menciptakan karya seni. Para siswa tersebut, dibekali bahan berupa kertas, benang, botol plastik, lem, cat (warna merah, kuning, biru), kemudian diminta untuk mengolah bahan tersebut menjadi karya kerajinan tangan.

Setidaknya ada 58 siswa di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang ikut mengambil tantang tersebut dalam lomba Kreativitas Anak, pada rangkaian acara Festival Seni Internasional (FSI) 2014 di P4TK Seni dan Budaya, Sleman, Yogyakarta, Rabu (4/11).

Sigit Purnomo, Koordinator lomba mengatakan, anak-anak sekolah dasar ini diminta untuk mengolah bahan yang disiapkan panitia  dan tidak boleh ditambah. “Ini tantanganya. Bagaimana anak-anak ini memanfaatkan semaksimal mungkin bahan yang kita beri untuk diolah menjadi karya. Apa yang bisa mereka ciptakan dengan bahan yang kita siapkan,” katanya.

Contoh saja lanjut Sigit, untuk cat panitia hanya menyediakan tiga warna pokok, merah, kuning dan biru. “Kalau mereka (siswa) ingin warnah hijau, coklat atau orange silahkan dibuat sediri. Atau menginginkan kreasi warna lain, silahkan diaduk (warnanya) sendiri,” paparnya.

Kategori penilaian dalam lomba ini meliputi kreatifitas siswa, keunikan karya dan, bisa memanfaatkan semaksimal mungkin bahan yang diberikan.

Pantauan di lokasi lomba, beragam karya kerajinan tangan diciptakan para siswa. Mulai dari fas bunga, kapal kertas, maket, robot sampai pada boneka kertas. (*)

 

Duo Gitar

Surel Cetak PDF

duo gitar“Duo Gitar”, Zoltan Paldi dan Rendra Pangestu unjuk kebolehan gaya penjarian gitar untuk membawakan perpaduan music jazz, blues, folk di Festival Seni Internasional (FSI) 2014. Gitaris asal Hongaria dan Indonesia itu berkolaborasi memaikan lagu-lagu klasik dari Amerika, Afrika, Hongaria dan Indonesia sendiri.

Selengkapnya...

Daftar Nama Juara Lomba Foto FSI 2014

Surel Cetak PDF

Mulya Yudha (Juara I) , Judul karya “Durga Uma “Dewi”
Hardy Wiratama (Juara II), Judul karya “Persiapan Pentas”
Hamid Mukhlis (Juara III), Judul karya “Jathilan”
Fehmiv Raffytavare (Juara Harapan), Judul karya “The Red”
Afrizal (Juara Harapan), Judul karya “Buka Panggung”
Dora Afriyani (Juara Harapan), Judul karya “Semangat”
Ajar Dwi Jayanto (Juara Harapan), Judul karya “Asylum”
Ditya Fajar Rizkizha (Juara Harapan), Judul karya “Balinese Dance”

Interior Cafe Gaya Rustic

Surel Cetak PDF

Cafe-mb-Erni2

Oleh: Tri Suerni

Ruang publik merupakan ruang yang ditujukan untuk publik/masyarakat, berfungsi sebagai ruang sosial yang dapat dipergunakan oleh setiap orang, untuk melakukan bermacam-macam kegiatan, seperti berkumpul dengan teman dan keluarga, bersantai, rekreasi, berinteraksi sosial dengan komunitas tertentu. Ruang café merupakan salah satu ruang publik komersial yang menyediakan minuman kopi sebagai menu utama, berbagai minuman lain, dan berbagai makanan ringan.  Sebagai pusat interaksi sosial, ruang café dapat untuk melakukan kegiatan diskusi, berbicara, menulis, membaca, menghibur diri atau hanya untuk menghabiskan waktu.

Seiring dengan isu pencegahan pemanasan global dan pelestarian keragaman hayati, maka desain interior ruang cafe diarahkan agar  tidak berdampak negatif terhadap lingkungan dan  dapat memberikan kontribusi kepada manusia dengan menampilkan gaya hidup masyarakat tertentu. Interior café dengan gaya rustic  merupakan salah satu desain interior yang menampilkan  kesan alami, kokoh, dengan menggunakan bahan alami, mengutamakan sifat natural, kadang tanpa finishing dan tampil apa adanya. Penerapan gaya rustic dalam interior sebagai salah satu cara dalam mendukung konsep eco-design.

Selengkapnya...

Membaca Suara dan Mendengar Tulisan

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

Oleh: Kari Hartaya

membaca-suara-dan-mendengarMusik adalah salah satu karya seni yang menggunakan suara sebagai medianya. Kepiawaian dalam menguasai serta memainkan suara (musik) merupakan kepekaan yang mutlak di perlukan bagi orang yang berkecimpung di dalam bidang ini, termasuk guru musik. Dalam berbagai perkembangan dan kegiatannya musik membutuhkan sebuah pengabadian serta pendokumenan karya-karyanya melalui simbol-simbol tertentu, yakni notasi. Sehingga melahirkan sebuah tuntutan bagi pelaku musik untuk mengenal, menguasai, serta menggunakan notasi tersebut dalam kiprahnya. Dengan demikian terdapat dua hal yang saling sinergis dan harus diampu untuk bisa di kuasai dalam rangka pelaksanaan proses pengkaryaan sebuah musik, yakni dengan menguasai musik sebagai sebuah suara (unsur musik) serta notasi sebagai dokumen karya yang tertulis.

Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL