P4TKSB - P4TK SENI DAN BUDAYA YOGYAKARTA-

Majulah Seni Budaya Indonesia

Berita:
You are here: Home

P4TKSB (P4TK Seni dan Budaya)

Studi Banding Peserta Diklat Peningkatan Kompetensi Life Skills Batik ke Pekalongan

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

studi banding01Melihat lokasi pembuatan batik semprotPada hari Senin  tanggal 30 Maret 2014 guru-guru peserta Diklat peningkatan Kompetensi Life Skills Batik yang berasal dari SMPN 4 Pandak, Bantul dan SMKN 2 Gedangsari , Gunungkidul mengikuti kegiatan studi banding ke Pekalongan. Kegiatan studi banding diikuti oleh total 21 peserta dengan didampingi beberapa fasilitator serta panitia diklat. Kegiatan diklat ini merupakan bagian dari kerjasama yang telah terbina antara PPPPTK Seni dan Budaya, PT ASTRA International khususnya Yayasan Pendidikan ASTRA Michael D. Ruslim, serta sekolah dalam hal ini SMPN 4 Pandak Bantul dan SMKN 2 Gedangsari Gunungkidul.

Selengkapnya...

Lomba Kreatifitas Anak: Pancing Imajinasi Mengolah Bahan

Surel Cetak PDF

kreatifitas anakAnak-anak Sekolah Dasar (SD) kelas 4, 5 dan 6 ditantang kreatifitasnya untuk menciptakan karya seni. Para siswa tersebut, dibekali bahan berupa kertas, benang, botol plastik, lem, cat (warna merah, kuning, biru), kemudian diminta untuk mengolah bahan tersebut menjadi karya kerajinan tangan.

Setidaknya ada 58 siswa di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang ikut mengambil tantang tersebut dalam lomba Kreativitas Anak, pada rangkaian acara Festival Seni Internasional (FSI) 2014 di P4TK Seni dan Budaya, Sleman, Yogyakarta, Rabu (4/11).

Sigit Purnomo, Koordinator lomba mengatakan, anak-anak sekolah dasar ini diminta untuk mengolah bahan yang disiapkan panitia  dan tidak boleh ditambah. “Ini tantanganya. Bagaimana anak-anak ini memanfaatkan semaksimal mungkin bahan yang kita beri untuk diolah menjadi karya. Apa yang bisa mereka ciptakan dengan bahan yang kita siapkan,” katanya.

Contoh saja lanjut Sigit, untuk cat panitia hanya menyediakan tiga warna pokok, merah, kuning dan biru. “Kalau mereka (siswa) ingin warnah hijau, coklat atau orange silahkan dibuat sediri. Atau menginginkan kreasi warna lain, silahkan diaduk (warnanya) sendiri,” paparnya.

Kategori penilaian dalam lomba ini meliputi kreatifitas siswa, keunikan karya dan, bisa memanfaatkan semaksimal mungkin bahan yang diberikan.

Pantauan di lokasi lomba, beragam karya kerajinan tangan diciptakan para siswa. Mulai dari fas bunga, kapal kertas, maket, robot sampai pada boneka kertas. (*)

 

Duo Gitar

Surel Cetak PDF

duo gitar“Duo Gitar”, Zoltan Paldi dan Rendra Pangestu unjuk kebolehan gaya penjarian gitar untuk membawakan perpaduan music jazz, blues, folk di Festival Seni Internasional (FSI) 2014. Gitaris asal Hongaria dan Indonesia itu berkolaborasi memaikan lagu-lagu klasik dari Amerika, Afrika, Hongaria dan Indonesia sendiri.

Selengkapnya...

Daftar Nama Juara Lomba Foto FSI 2014

Surel Cetak PDF

Mulya Yudha (Juara I) , Judul karya “Durga Uma “Dewi”
Hardy Wiratama (Juara II), Judul karya “Persiapan Pentas”
Hamid Mukhlis (Juara III), Judul karya “Jathilan”
Fehmiv Raffytavare (Juara Harapan), Judul karya “The Red”
Afrizal (Juara Harapan), Judul karya “Buka Panggung”
Dora Afriyani (Juara Harapan), Judul karya “Semangat”
Ajar Dwi Jayanto (Juara Harapan), Judul karya “Asylum”
Ditya Fajar Rizkizha (Juara Harapan), Judul karya “Balinese Dance”

Berwirausaha Melalui Bisnis Online

Surel Cetak PDF

Oleh: Sumiyarsih

Berwirausaha-Melalui-Bisnisekalayawebs.comPada umumnya wirausahawan menjadi panik saat memulai berusaha yaitu dengan cara pengelihatan mereka yang seringkali salah mengenai pemahaman mereka tentang memulai berwirausaha. Karena banyaknya yang berpendapat jika wirausaha kini membutuhkan modal yang sangat besar tapi tidak setiap bulannya kita bisa mendapatkan untung yang besar. Juga banyak yang berpendapat jika berwirausaha membutuhkan waktu yang lama.

Jika kita mengalami ketakutan dalam berwirausaha atau wiraswasta sebenarnya sangatlah tidak cukup beralasan. Di era saat ini yang sudah mengalami perubahan serba cepat, membuka atau mendirikan usaha sendiri sangatlah mudah. Tidak lagi lagi membutuhkan suatu modal yang besar, sewa tempat untuk kantor dengan biaya mahal, ataupun sewa iklan yang perlu di cetak banyak.

Yang dibutuhkan hanyalah kemampuan akan komputer dasar dan tau akan pemahaman sebuah internet. Menjalani sebuah usaha di dunia maya bisa anda jalankan karena memiliki dampak nyata di kehidupan anda. Bisa dikatakan, usaha di jaman sekarang bisa anda lakukan secara online ataupun dalam sebuah jaringan internet.

Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL